Review Yummy App : Aplikasi Tepat Untuk Kamu yang Suka Masak

Halo guys, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan semangat ya (Seketika jadi ingat lagu Boyband Indonesia zaman dulu. Senyum Semangat kali ah). Tapi, selain menanyakan kabar, sekarang ada template baru yang suka ditanyain kalau lagi chatan atau telponan sama orang, yaitu "Gimana selama di rumah aja ?, "Ngapain aja selama di rumah ?" dsb yang berkaitan dengan dirumah aja. 

Bukan tanpa alasan sih. Seperti yang sama-sama kita tau dan rasakan juga, kalau pandemi virus corona masih berlangsung di negara kita, yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah aja sebagai salah satu bentuk penerapan physical distancing. Bosan ? pasti. Apalagi ini sudah berjalan sekitar 3 sampai 3,5 bulan. Tapi dengan di rumah aja inilah kita bisa membantu pemerintah dalam menangani pandemi ini. Semoga pandemi ini segera berakhir ya, supaya kita bisa kumpul-kumpul dan main lagi sama teman-teman, bersekolah, kerja dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Yuk mari berdoa dan aminkan sama-sama.

Walaupun dirumah aja adalah salah satu kegiatan yang paling membosankan, tetapi ternyata banyak juga kegiatan dan manfaat yang bisa kita ambil dan lakukan guys. Pasti kalian juga merasakan kan ?. Mungkin ada yang mengisi kegiatan dirumah aja dengan mengasah kemampuan baru, bikin video tiktok, membaca, menulis, memperkuat hubungan keluarga, dll. Tetapi salah satu yang paling banyak dilakukan adalah memasak. Sekarang di sosial media banyak sekali yang mengupload kegiatan memasak yang dilakukan selama di rumah aja. Yang belum pandai memasak jadi pandai, yang sudah pandai jadi makin pandai. Kalau biasanya memasak identik dengan perempuan, sekarang kegiatan memasak juga disenangi oleh kaum adam loh, tak terkecuali saya.

Awalnya saya cuman mengamati mama sih, tapi lama kelamaan muncul juga niatan untuk mengasah kemampuan dalam hal memasak. selain itu sebagai pembuktian dan penasaran juga sih apakah saya memiliki bakat dalam memasak, manatau ternyata berbakat guys dan bisa ikut kompetisi masak yang di TV itu deh haha. Tapi guys ternyata niat dan berbekal suka makan saja tidak cukup untuk membuat kita pandai memasak haha, diperlukan juga arahan yang tepat guys dalam memasak, apalagi bagi saya dan beberapa teman-teman juga sebagai pemula. Boro-boro pandai memasak, mengenali bumbu dan bahan makanan saja belum bisa haha.

Alhasil, saya cobalah mencari aplikasi yang bisa membuat saya pandai memasak guys atau aplikasi dimana saya bisa belajar masak deh. Baru tau ternyata aplikasi belajar memasak banyak sekali. "Pantesan orang-orang pada bisa memasak ya", begitu yang pertama kali saya pikirkan saat ngescroll aplikasi-aplikasi memasak itu. Ternyata pusing juga guys dalam memilih aplikasi memasak yang tepat untuk digunakan. Alhasil saya cobalah gunakan pertimbangan saya dalam memilih aplikasi dan mungkin pertimbangan kalian juga. 

1. Desain Aplikasi
Desain adalah salah satu hal yang sangat penting dalam menarik pengguna untuk menggunakan aplikasi. Desain adalah first impression bagi pengguna yang melihat. Biasanya jika desain aplikasi dan namanya menarik maka pengguna akan tertarik untuk melihat aplikasi tersebut lebih dalam guys. Karena biasanya dibagian utama store aplikasi hanya akan menampilkan desain aplikasi dan namanya serta kategori aplikasi tersebut. Oleh karena itu sangat diperlukan desain yang bagus dan menarik serta nama yang baik dalam menarik pengguna untuk melihat aplikasi. Seperti yang disebutkan pada salah satu artikel di jurnal.id bahwa di era persaingan pasar yang semakin tajam, estetika dapat berfungsi sebagai suatu perangkap emosional yang sangat ampuh dalam menarik perhatian calon pengguna. Ini terbukti saat kita scrool atau melihat-lihat aplikasi, kita akan lebih tertarik tentang aplikasi tersebut apabila desain dan namanya menarik bagi kita. Saya sempat melakukan survey kecil kecilan sih dan terbukti bahwa 9 dari 10 teman selalu tertarik untuk melihat aplikasi yang desain dan namanya menarik.

2. Review Aplikasi
Ini bisa dibilang hal yang sangat penting dalam membulatkan keputusan untuk mengunduh sebuah aplikasi. Pasti kita sebelum mengunduh sebuah aplikasi, akan melihat review orang-orang terhadap aplikasi tersebut. Review sebenarnya bisa dilihat dari bintang yang diberikan, deskripsi komentar pengguna terhadap aplikasi dan banyaknya pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut. Bintang adalah hal paling mudah untuk dilihat dan menjadi pertimbangan dalam mengunduh aplikasi. 

Berdasarkan survey, teman-teman saya lebih ingin mengunduh apabila aplikasi tersebut berbintang 4,5 keatas. Selanjutnya komentar dari pengguna yang pernah menggunakan aplikasi tersebut. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena kita bisa tau lebih detail terhadap aplikasi ini, apakah aplikasi ini bagus, mudah digunakan atau tidak, ada masalah atau suka ngelag, dari sini bisa dilihat. Biasanya ini tergantung juga dengan jenis smartphone yang digunakan. Banyaknya pengguna yang mengunduh juga sangat diperhatikan. Biasanya walaupun bintang aplikasi bagus tetapi yang mengunduh cuman 1 atau 2 orang, maka cenderung tidak jadi mengunduh. Oleh karena itu semakin banyak yang mengunduh dan memberi nilai bagus, maka keinginan untuk mengunduh akan semakin cepat. 

3. Ukuran Aplikasi
Ini penting sekali, apalagi untuk kaum irit kuota dan sobat "misqueen" seperti saya haha. Ukuran aplikasi ini wajib  untuk dilihat. Kalau bintang bagus, jumlah pengguna banyak, tetapi ukuran aplikasi super besar, sirna sudah keinginan untuk mengunduh aplikasi tersebut. Oleh karena itu, ukuran aplikasi kalau bisa jangan terlalu besar agar tidak memakan terlalu banyak kuota haha. 

4. Isi Aplikasi
Ini istilahnya pertimbangan pasca mengunduh aplikasi, jangan bilang bahwa aplikasi yang sudah diunduh akan selama lamanya ada di smartphone haha. Biasanya kalau baru selesai diunduh, kita akan melihat isi aplikasi tersebut. Pertimbangannya antara lain isinya harus lengkap, detail, rinci, mudah digunakan, mudah dipahami, serta tidak banyak iklan. Itu semua harus wajib dipenuhi agar aplikasi akan stay di smartphone dan tidak jadi diuninstall

Akhirnya, setelah menyaring aplikasi-aplikasi memasak menggunakan pertimbangan diatas, maka jatuhlah pilihan saya pada aplikasi yummy app guys. Apa itu yummy app kak ?, seberapa bagus kah yummy app ? Gimana cara gunainnya ?. Nah untuk menjawab semua pertanyaan yang mungkin muncul di benak kalian, saya akan mereview aplikasi yummy ini sedetail detailnya yah. Pastikan kalian simak sampai tuntas, lalu diterapkan, pasti kalian jadi bisa masak deh. Yuk langsung ke pembahasannya.

Ada 6 hal yang membuat saya tertarik untuk mengunduhdan menggunakan aplikasi yummy ini, sampai-sampai saya nyaman sekali.

1. Desainnya yang menarik
Seperti yang saya jelaskan tadi guys, bahwa desain adalah first impression untuk menarik kita dalam mengunduh aplikasi. Dan yummy telah memenangkan hati saya dengan desain dan nama yang menarik dan tepat sasaran. Dari namanya saja kita sudah pasti tau dan paham bahwa aplikasi ini adalah aplikasi memasak. Selain itu desain aplikasinya juga menarik. Tulisan yummy bewarna oranye dengan topi chef diatasnya terlihat simpel namun elegan. Begitu aplikasinya dibuka, ternyata desain di dalamnya juga sangat bagus. Foto-foto makanan yang ada di aplikasi yummy benar-benar eye catching dan bikin laper haha. Kalau kalian penasaran, ini aku kasih tampakan desainnya ya, bagus banget ngak sih dan pastinya membuat kita langsung ingin segera memasak.



2. Review Aplikasinya yang Positif
Ini penting sekali guys. Begitu aku lihat, ternyata review aplikasi yummy sangat positif dan memuaskan. Buat kalian yang memakai Android, bisa dilihat bahwa aplikasi yummy berhasil menarik 1 juta lebih orang untuk menggunakannya dan berhasil mendapatkan 4,5/5 bintang dari 12 ribu ulasan. Wow bukan ?. Tak cukup sampai disitu, untuk pengguna Iphone, juga bisa dilihat bahwa aplikasi yummy merupakan aplikasi nomor 1 dalam kategori food & drinks serta berhasil mendapatkan 4,6/5 bintang dari 898 ulasan. Belum puas dengan itu semua, saya coba melihat deskripsi komentar dari para pengguna aplikasi yummy, dan ternyata hampir semuanya memberikan komentar yang positif guys. Banyak yang bilang kalau aplikasi yummy sangat mudah digunakan, sangat cocok untuk pemula, memberikan ide-ide baru dalam memasak dsb. Berikut saya kasih bukti juga deskripsi komentar para pengguna nih guys.



3. Ukuran Aplikasi yang Tidak Besar
Untuk kaum irit kuota, yummy sangatlah bersahaja. Ukuran aplikasi yummy tidak besar guys sehingga kita tidak larut memikirkan kuota setelah mengunduhnya. Pada Android, aplikasi yummy berukuran sekitar 15 mb sedangkan pada Iphone sekitar 54,8 mb. Benar-benar warbiasa. Apalagi dengan ukuran segitu, isi aplikasi ini ternyata sangat lengkap dan rinci.

4. Isi Aplikasi yang Super Lengkap dan Rinci
Nah hal ini yang akan saya jelaskan serinci mungkin guys. Setelah membuka aplikasi yummy, saya benar-benar salut dengan isi aplikasinya. Sangat rinci, lengkap, detail dan mudah digunakan. Terlebih lagi, ini aplikasi benar-benar tidak ada iklan. Alhasil lancar jaya dan nyaman untuk digunakan. Berikut akan saya jelaskan isi aplikasi ini serinci mungkin ya.

Pada saat pertama kali membuka aplikasi yummy, kita akan dihadapkan dengan 5 bagian yang bisa dilihat dibagian bawah yaitu Home, Komunitas, Masak, Notifikasi, dan Akun.

1. Akun
Pertama-tama, kita akan diarahkan untuk mendaftar akun terlebih dahulu. Kalian cukup mengisi beberapa data dengan sangat mudah, setelah itu langsung deh terdaftar di yummy app. Sangat simpel. Setelah mendaftar, pada menu akun akan ada beberapa bagian. 



a. Resep, Pengikut, & Mengikuti
Jadi di aplikasi yummy, kita bisa membuat resep kita sendiri guys. Jadi kalau kalian tertarik untuk berbagi resep dengan yang lain, kalian bisa mengupload resep tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengikuti akun yummy yang lain. Jadi kalau kalian tertarik dengan menu-menu masakan dari salah satu akun, kalian tinggal mengikutinya saja sehingga tidak akan ketinggalan menu baru dari dia. Begitupun dengan kita. Kita juga bisa diikuti oleh orang lain guys. Jadi aplikasi yummy bukan hanya aplikasi untuk belajar memasak, tetapi benar-benar memacu kita untuk saling berbagi resep dan informasi guys. 

b. Yummy Point
Nah di aplikasi yummy, ternyata kita bisa mendapatkan poin yang nantinya bisa kita redeem menjadi uang guys. Wah selain memasak, kita juga bisa mendapatkan uang dari aplikasi ini. Setiap kita mengupload sebuah resep, maka kita akan mendapatkan poin, jadi semakin banyak resep yang diupload, akan semakin besar pula poin yang kita dapatkan. Poin-poin tersebut nantinya bisa kita redeem sehingga menghasilkan uang guys. Gimana ? Yakin ngak mau gunain aplikasi yummy ?

c. Kode Referral
Selain dari upload resep, kita bisa juga mendapatkan poin dari mengajak teman kita guys. Caranya adalah dengan mengajak teman menggunakan aplikasi yummy dan memasukkan kode referral kita pada saat mendaftar akun sehingga nantinya kita akan mendapatkan poin. Sangat mudah bukan ?

e. Resep Saya
Nah, seperti yang sempat saya jelaskan sebelumnya, bahwa kita bisa mengupload resep kita di aplikasi yummy guys dan mendapatkan poin. Berarti kita bisa bebas dong untuk mengupload resep ?. No no guys, itulah hebatnya aplikasi yummy. Untuk menghindari kecurangan, setiap resep yang kita upload akan ditinjau dahulu oleh Chef Yummy. Setelah ditinjau, maka akan ada hasil apakah resep kita disetujui, direvisi, atau tak disetujui guys. Wow jadi berasa lagi dijuriin kan ?. Oleh karena itu, sudah dipastikan bahwa resep-resep yang ada di aplikasi yummy adalah resep-resep yang sudah layak untuk dipraktekkan guys dan hasilnya memuaskan.

f.  Resep Favorit
Pada bagian ini akan berisi resep-resep favorit kita guys, Jadi kita bisa menyimpan resep-resep di aplikasi yummy menjadi resep favorit kita, sehingga lebih mudah untuk dicari lagi deh nantinya kalau dibutuhkan.

2. Home
Pada menu home, terdapat beberapa bagian diantaranya

a. Pencarian Resep
Pada bagian ini, kita bisa mencari resep-resep yang kita inginkan. Caranya sangat mudah, kita tinggal mengetik resep yang kita inginkan dan nantinya akan ada banyak sekali rekomendasi resep-resep yang kita inginkan. Kita cukup memilih mana resep yang kita inginkan deh. Bingung nih kak mau pilih resep yang mana ?. Tenang guys, karena di setiap resep yang ada akan ada rating dan komentar sehingga kita bisa memilih resep yang memiliki rating dan komentar yang bagus deh. Selain itu disetiap resep akan ada juga estimasi harga yang dikeluarkan untuk membuat resep tersebut, lama membuatnya serta porsinya guys



Lalu, isi resepnya apa aja kak ?. Super lengkap guys. Pada setiap resep, akan ada gambar atau video cara membuat makanan tersebut, kemudian rincian bahan dan alat yang dibutuhkan serta deskripsi cara memasak disertai gambar. Jadi kita tidak perlu takut gagal deh kalau membuat makanan dari resep tersebut karena sudah ada kuantitas dan gambar dari setiap langkah dan bahan.



b. Trending
Nah, kebanyakan dari kita suka untuk membuat makanan yang sedang viral bukan ?. Di submenu trending inilah kita bisa melihat resep-resep makanan yang sedang viral sehingga dipastikan kita tidak akan ketinggalan hype guys dibanding yang lain.

c. Event & Promosi
Pada aplikasi yummy, ternyata ada acara yang bisa ikuti loh. Disini akan diberikan informasi mengenai kompetisi memasak, dll dan pastinya akan ada hadiah disetiap kompetisinya.

d. Akun Official
Terkadang kita lebih suka untuk meniru resep dari orang yang memang ahli dalam bidang masak memasak bukan ? contohnya chef. Nah seakan menjawab curahan hati kita, yummy menyediakan resep-resep dari chef-chef terkenal guys yang bisa kita ikuti. Wah kesempatan yang bagus sekali loh



e. Kategori
Ini benar-benar membantu sekali guys. Sering kita ingin membuat makanan dari negara atau kategori tertentu, tapi belum tau tepatnya mau memasak apa. Nah di yummy, kita akan diberikan kategori-kategori resep guys yang bisa kita pilih, mulai dari dessert, main course, korean food, Indonesian food, dll.



- T I P S -
Nah dibagian kategori ini juga ada loh guys resep-resep makanan untuk bayi, ibu hamil, ibu menyusui dll. Jadi aplikasi yummy juga berisi resep-resep makanan yang sehat dan tak kalah enak dan menarik untuk dicoba

g. Resep Terbaru
Disini akan berisi resep-resep yang baru diupload oleh pengguna di aplikasi yummy guys. Coba lihat deh, sangat unik guys resep-resepnya.

3. Komunitas
Pada bagian komunitas ini, kita bisa membuat resep yang kita inginkan dengan memilih menu buat resep. Selain itu juga ada informasi tentang resep-resep dari komunitas yang bisa dicoba loh guys.



4. Masak
Ini adalah menu favorit saya guys. Benar-benar berbeda dari aplikasi lain tapi sangat dibutuhkan. Pernah ngak kalian lagi ingin memasak sesuatu tapi bingung mau masak apa karena bahan-bahan makanan kalian terbatas ?. Nah ini solusinya. Di menu masak ini, kalian hanya ngelist bahan-bahan apa saja yang kalian punya di dalam kulkas, minimal 2 bahan saja. Nantinya setelah semuanya dilist, akan muncul deh rekomendasi-rekomendasi makanan yang bisa kita buat dari bahan-bahan yang kita punya. Sungguh menarik bukan ?. Biasanya kita suka bingung, melihat resep makanan tapi bahan yang kita punya tidak lengkap. Sekarang kita bisa ngelist dulu, baru deh resepnya keluar. Jujur ini berhasil membuat saya salut sih dengan yummy. Benar-benar inovasi baru. Kalian harus coba. Berikut saya berikan tutorialnya.



5. Notifikasi
Pada menu notifikasi ini akan berisi rekomendasi-rekomendasi menu dari yummy untuk kita masak guys. Jadi kita bisa lihat dari notifikasi ini resep apa saja yang sedang hype dan menjadi pilihan editor yummy. 

Gimana ? Masih butuh penjelasankah ? Sekarang kalian coba buka Play Store atau App Store masing-masing deh, lalu cari yummy app dan unduh. Saya jamin pasti kalian jadi ingin masak setelah melihat-lihat dan menggunakan aplikasinya. Share cerita kalian tentang yummy app di kolom komentar ya, saya tunggu review baiknya. Thanks !

Komentar

Postingan Populer