Env #1 : ( HUTAN : " GUE KEREN " )

ENV #1 - HUTAN : "GUE KEREN"
Seminggu sebelum lebaran , saya mengantarkan kakak dan keponakan saya ke Pekanbaru. Jarak rumah ke tujuan kurang lebih 7 jam perjalanan. Karena masih dalam Bulan Ramadhan, saya hanya bisa menikmati perjalanan dengan mendengarkan musik sambil melihat pemandangan. Salah satu objek yang membuat saya tertarik waktu itu adalah ketika melihat tempat wisata di atas bukit. Saya bertanya dalam hati " Emang apa sih yang dilihat dari atas bukit ?. Tidak ada wahana permainan juga". 

Rupanya suara hati saya terdengar oleh orang tua yang kemudian saling bercakap tentang tempat wisata yang baru saja kami lewati. Intinya mereka membicarakan tentang betapa senang dan sejuknya tempat wisata yang ada di atas bukit tersebut. Menikmati udara segar sambil melihat hutan yang ada disekelilingnya. Poinnya apa ? satu hal yang saya tangkap adalah " Melihat hutan yang rimbun saja hati terasa senang dan sejuk, apalagi jika kita bisa berkontribusi untuk melindungi dan menjamin hutan tetap lestari ?. Kebaikannya jadi berlipat ganda kan ?".


www.greenpeace.org )


( www.ran.org )

Berbicara tentang hutan, Indonesia bisa dibilang salah satu 'raja hutan'. Maksudnya, Indonesia adalah salah satu negara dengan kepemilikan hutan terkaya di dunia. Hutan telah membawa banyak keuntungan dan manfaat bagi setiap organisme yang hidup di Indonesia.

Berikut adalah fakta-fakta tentang hutan di Indonesia


  • Hutan hujan di Indonesia adalah salah satu bentang alam paling kaya secara biologis di dunia.
  • Berdasarkan data WWF ( World Wide Fund ), Hutan Indonesia yaitu di Pulau Kalimantan ditemukan 400 jenis spesies baru dalam dunia sains
  • Hutan Indonesia telah menjadi mata pencaharian bagi 50-60 juta penduduk
  • Menurut FAO ( Food and Agriculture Organization ), 52,1% atau sekitar 94.432.000 ha Indonesia adalah hutan, . Dari jumlah ini 50,0% (47.236.000) diklasifikasikan sebagai hutan primer, bentuk hutan yang paling beraneka ragam dan padat karbon.
  • Hutan Indonesia merupakan rumah bagi 12 % mamalia, 7.3 % reptil & amfibi serta 17 % burung di dunia
  • Hutan Indonesia merupakan salah satu tempat penyimpanan karbon terbesar di dunia
  • Hutan Indonesia adalah salah satu penghasil oksigen terbesar di dunia.
Bagaimana perasaan teman-teman setelah membaca fakta tentang hutan kita ?. Jujur saya bahagia, bangga sekaligus sedih. Bahagia karena hutan telah menciptakan keseimbangan sehingga kita tidak perlu lagi saling memperebutkan lahan dan tempat tinggal dengan organisme lain. Bangga karena banyak sekali media dan organisasi di dunia yang menjadikan hutan di Indonesia sebagai salah satu konten dan liputan mereka. Hal ini berarti secara tidak langsung mereka mengakui kekayaan hutan kita dan kita patut berbangga akan hal tersebut. 

( Dokumentasi Pribadi )
Dengan segala kekayaan dan kebaikannya, hutan pantas disebut 'keren'. Tapi, ada perasaan sedih juga yang saya dan teman-teman pasti rasakan. Sedih karena kita masih belum maksimal dalam menjaga dan melindungi hutan kita. Seumpamanya seorang publik figur, dibalik 'kekerenannya' pasti ada orang lain yang membantu dalam merias, memilih pakaian, memilih kendaraan, mengatur gaya rambut dll. Sederhananya begitu pulalah hutan. Dibalik 'kekerenannya' harus ada kita yang menjaga dan melindunginya. Kita boleh mengambil sedikit darinya, tapi bukan nyawanya. Karena sesungguhnya nyawa kita juga bergantung pada dia.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer