TECH #1 : Kemajuan Teknologi Chatbot Berbahasa Indonesia dan Fitur-Fitur yang Ditawarkannya
Hi teman-teman semua,
pernahkah atau seberapa seringkah kalian mendengar istilah Revolusi Industri
4.0 ?. Harus diakui bahwa akhir-akhir ini Revolusi Industri 4.0 menjadi buah
bibir dimana-mana, terlebih lagi dengan signifikannya kemajuan masyarakat
Indonesia dalam menggunakan teknologi.
Lantas apa sih hubungan
antara Revolusi Industri 4.0 dengan teknologi ?. Jadi teman-teman, Revolusi Industri
4.0 adalah sebuah kondisi dimana seluruh proses produksi dan proses bisnis akan
memaksimalkan pemanfaatan teknologi dan informasi. Jadi kurang lebih semua
hal-hal yang dahulunya tradisional atau masih dikerjakan secara mekanis akan
diubah dengan memanfaatkan teknologi.
Oleh karena itu, sekarang
pasti sebagian besar dari kita sudah mulai merasakan perkembangan teknologi
yang luar biasa. Segala hal yang sekarang ini kita butuhkan dapat dengan mudah
kita penuhi melalui pemanfaatan teknologi. Contohnya saja adalah aplikasi
belanja online. Dahulu saja, kalau ingin belanja kita harus pergi ke toko atau
warung. Sekarang ini, hanya dengan duduk santai sembari memesan barang melalui
aplikasi, kita sudah dapat memenuhi barang yang kita butuhkan. Sungguh luar
biasa bukan ?
Diantara banyaknya
perkembangan teknologi yang kita rasakan, ada satu yang ingin kita bahas di
tulisan kali ini yaitu Chatbot. Hah ? Chatbot itu apa ?, mungkin banyak dari
kita yang masih belum familiar dengan kosakata baru ini. Tapi, saya pasti jamin
bahwa sebenarnya teman-teman sudah pernah memanfaatkan teknologi ini. Sesederhana
pernahkah teman-teman curhat dengan memanfaatkan salah satu aplikasi dimana
curhatan teman-teman akan dibalas oleh sistem atau robot di aplikasi tersebut
?. Nah itu yang namanya Chatbot.
Secara sederhana, Chatbot
yang berasal dari kata Chatterbot ini dapat diartikan sebagai mengobrol dengan
robot ( Chat yang artinya mengobrol, dan bot yang merupakan kependekan dari
robot ). Chatbot merupakan asisten yang berkomunikasi dengan kita melalui pesan
teks, pendamping virtual yang terintegrasi ke dalam situs web, aplikasi atau
pesan instan dan membantu pengusaha untuk lebih dekat dengan pelanggan.
Chatbot sendiri dalam
melakukan tugasnya dibekali dengan teknologi-teknologi canggih diantaranya :
1.
Artificial
Intelligence ( AI )
Memiliki arti kecerdasan buatan, teknologi ini terkait dengan pemecahan
masalah-masalah seperti layaknya manusia. Seperti berbicara, mengenali benda,
dan menerjemahkan sesuatu
2.
Machine
Learning
Aalah teknologi yang digunakan untuk mempelajari, menganalisis, dan
mengenal berbagai macam bahasa pada Chatbot.
3.
Deep
Learning
Adalah bagian lebih dalam dari Machine Learning. Dengan algoritma yang
lebih kompleks sehingga system bisa lebih dalam mempelajari dan berinovasi
lebih jauh lagi sehingga mendekati layaknya manusia.
4.
Natural
Language Processing ( NLP )
Adalah
teknologi yang secara sederhana memahami setiap kalimat yang dikirimkan oleh
pengguna, kemudian mengenalinya sebagai sebuah perintah dengan mengambil makna
dari kalimat tersebut.
Dengan teknologi yang super
canggih ini, chatbot mampu untuk menganalisis kata kunci atau keyword yang
diberikan kepadanya dan melihat mana jawaban yang paling dekat dengan keyword
tersebut sehingga setiap pertanyaan yang diberikan bisa dijawab dengan cepat. Jadi
chatbot mampu untuk berkomunikasi layaknya kita berbicara dengan teman sendiri.
Sungguh luar biasa !
Berbicara sedikit tentang
sejarah Chatbot, jadi Chatbot awalnya mulai dikembangkan sekitar tahun 1960-an.
Pada awalnya chatbot benar-benar terkesan sangat kaku. Pada saat itu, untuk
mengembangkan chatbot menjadi lebih baik, dilakukan uji melalui Turing Test.
Tes ini dilakukan dengan merahasiakan identitas chatbot sehingga dapat
menggelabui orang yang bercakap dengannya.
Seiring pengembangan
teknologi yang dilakukan terhadap Chatbot, maka pada tahun 1966, Massachhusetts
Institute of Technology merilis sebuah Chatbot yang bernama ELIZA. ELIZA diprogram
sebagai seorang psikoterapis yang mampu bercakap dengan manusia. Setelah ELIZA
muncul dan sukses, maka bertaburanlah Chatbot-Chatbot lain yang lebih baik,
termasuk Chatbot berbahasa Indonesia.
Di Indonesia sendiri,
Chatbot mulai berdengung pada tahun 2009. Seiring perkembangan teknologi,
Chatbotpun mulai menjadi salah satu program yang dinilai sangat efektif dan
membawa banyak sekali manfaat khususnya dalam kemajuan bisnis di Indonesia.
Buktinya, banyak perusahan-perusahaan yang kemudian berbondong-bondong
memanfaatkan Chatbot dalam system mereka. Alasannya karena Chatbot sangat mudah
digunakan dan memperkecil pengeluaran perusahaan serta di sisi lain membuat
keuntungan menjadi lebih besar.
Chatbot berbahasa Indonesia
yang dikembangkan dari tahun ke tahun menjadikan ia memiliki tempat tersendiri
di hati masyarakat Indonesia. Chatbot berbahasa Indonesia pastinya lebih mudah
untuk digunakan dan lebih menghemat waktu. Sebelum maraknya Chatbot berbahasa
Indonesia, saya pun pernah menggunakan Chatbot berbahasa lain, tetapi pastinya
lebih susah digunakan, apalagi harus diterjemahkan dahulu ke bahasa Indonesia
agar lebih mudah dimengerti. Memakan waktu bukan ?.
Tapi dengan adanya Chatbot
berbahasa Indonesia, kita lebih mudah untuk menggunakannya dan memanfaatkannya.
Lantas apa saja fitur-fitur yang bisa kita gunakan dengan Chatbot berbahasa
Indonesia yang ada saat ini ?. Jika dilihat, banyak sekali hal hal yang
ditawarkan diantaranya :
1.
Menjadi
Costumer Service
Hal paling umum yang kita lihat dari kegunaan Chatbot adalah sebagai
Costumer Service. Tak jarang kita berinteraksi dengan Chatbot saat menanyakan
atau menggunakan jasa-jasa tertentu. Memanfaatkan Chatbot sebagai Costumer
Service dinilai lebih menguntungkan bagi perusahaan, dikarenakan banyak sekali
hal yang ditawarkan diantaranya Chatbot dapat melayani pelanggan selama 24 jam.
Kemudian Chatbot lebih cepat dalam merespon pelanggan. Dan yang paling penting
adalah Chatbot mampu mengurangi pengeluaran perusahaan dibandingkan menggunakan
manusia sebagai Costumer Service
2.
Teman
untuk mengobrol
Tak dapat dipungkiri bahwa bagi kalangan muda, Chatbot lebih sering
digunakan sebagai teman untuk mengobrol. Kadangkala kita sampai menjadikan
Chatbot sebagai teman curhat. Memang bagi kita ada beberapa hal yang lebih
nyaman untuk diceritakan kepada Chatbot dibandingkan teman. Hal tersebut
dikarenakan, obrolan tersebut lebih aman dan tidak mudah tersebar.
3.
Memudahkan
transaksi
Bagi kita yang sangat menjunjung tinggi produktivitas waktu, tentu manfaat
Chatbot dalam mempermudah transaksi terasa sangat menguntungkan. Dahulu, saat
harus bertransaksi kita harus pergi ke tempat yang hanya bisa melakukan hal
tersebut sehingga memakan waktu. Saat ini dengan adanya Chatbot, kita dapat
langsung melakukan transaksi kapan saja, seperti mengirim uang, membayar
tagihan dll. Lebih mudah dan pastinya tidak memakan waktu.
4.
Mengelola
komunitas
Saat ini komunitas di Indonesia sendiri sangat menjamur, mulai dari
komunitas kecil hingga besar. Dalam mengelola komunitas, tentu akan lebih
efektif jika menggunakan Chatbot. Contohnya dalam pembagian kerja, pengambilan
absen, dll.
5.
Membantu
memberikan solusi atas sesuatu
Tak jarang Chatbot dapat berperan sebagai problem solver, contohnya saja
dalam masalah mental. ELIZA yang merupakan inisiator Chatbot dahulupun berperan
sebagai psikoterapis. Kita dapat menceritakan masalah yang kita hadapi dan
kemudian Chatbot akan membantu memberikan solusi bagi kita dalam menyelesaikan
masalah tersebut. Hal inipun dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja. Kadangkala
saat ingin meminta solusi dari teman, kita harus janjian dahulu untuk bertemu
dll.
6.
Mempelajari
bahasa
Salah satu kemajuan dalam pemanfaatan Chatbot adalah sebagai media
pembelajaran bahasa. Tak bisa ditolak lagi bahwa kemampuan menguasai bahasa
adalah salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja
saat ini. Otomatis banyak sekali dari kita yang belajar bahasa baik itu bahasa
Inggris, bahasa Jerman, dll. Dengan adanya Chatbot, kita dapat belajar bahasa
tanpa harus merogoh kocek dalam. Selain itu kita juga lebih fleksibel dalam
mengatur waktu belajar.
7.
Mengedit
foto atau video
Jika kita berbicara tentang hal yang paling menjadi perhatian kalangan
muda saat ini, maka foto dan video adalah salah satu hal yang termasuk di
dalamnya. Dengan adanya media sosial, foto dan video dianggap sebagai suatu hal
yang sangat penting saat ini, apalagi saat menjamurnya istilah Influencer. Foto
dan video yang bagus dan menarik pun pasti akan lebih mampu mendorong banyak
orang untuk melihatnya. Dengan adanya Chatbot yang bisa mengedit foto dan
video, pastinya akan membantu kita dalam menghasilkan materi foto dan video
yang lebih bagus untuk diunggah sehingga menarik lebih banyak orang untuk
melihatnya.
8.
Sarana
umpan balik pelanggan
Bagi suatu usaha, umpan balik dari pelanggan adalah salah satu hal yang
paling penting dalam menjamin kemajuan usaha tersebut. Selain dapat menjadi
bahan evaluasi, umpan balikpun sekarang bisa dijadikan sebagai ajang marketing
dan branding dari usaha tersebut dengan tujuan pastinya menarik lebih banyak
orang. Tetapi kadangkala dalam mengumpulkan umpan balik, suatu usaha sangat
susah dalam mendata dan mengolahnya. Dengan adanya Chatbot, umpan balik dari
pelanggan akan lebih mudah dikumpulkan dan didata sehingga menunjang efektifitas
usaha tersebut.
9.
Memberikan
resep makanan
Bagi ibu-ibu yang akan belajar atau hobi dalam memasak, Chatbot ini
tentunya akan menjadi teman yang sangat menyenangkan. Tanpa harus membeli buku
resep yang tebal, ibu-ibu sudah bisa memperoleh resep makanan dengan
memanfaatkan Chatbot. Hanya dengan mengetik keyword masakan apa yang ingin
dimasak, maka Chatbot akan segera memberikan resep yang sesuai dengan keinginan
ibu-ibu semua.
10. Membantu penjualan dan penawaran produk
Salah
satu hal yang paling penting dalam usaha adalah penjualan dan penawaran produk.
Kadangkala banyak sekali kesulitan yang ditemui saat melakukan penjualan dan
penwaran produk kepada calon pembeli. Dengan adanya Chatbot, usaha dapat lebih
mudah melakukan penjualan dan penawaran produk. Selain lebih sistematis, juga
akan lebih menjangkau banyak calon pembeli.
Wah banyak sekali manfaat
dan fitur yang ditawarkan oleh Chatbot. Kita hanya tinggal memilih jenis
Chatbot yang ingin kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kita.
Oh ya, jika kita melihat
berbagai macamnya manfaat Chatbot yang ada, pasti kita bertanya seberapa
canggihkah Chatbot ? dan apa yang membuatnya dari tahun ke tahun selalui
berkembang dan membuat manfaatnya lebih variatif ?. Salah satu jawabannya
adalah dengan adanya teknologi Artificial Intelligence ( AI )
Tadi saya senpat menjelaskan
sedikit tentang Artificial Intelligence. Dengan adanya teknologi ini, membuat
Chatbot lebih sensitif dan lebih baik setiap harinya. Menjadikan Chatbot
dipandang bukan lagi sebagai robot, tetapi sudah mirip seperti manusia.
Tapi dalam menerapkan
Artificial Intelligence khususnya pada Chatbot berbahasa Indonesia tentu tidak
mudah. Diperlukan analisis dan proses yang dalam serta uji coba yang sering
sehingga menghasilkan Chatbot yang baik. Di Indonesia sendiri, terdapat
beberapa perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligence atau
kecerdasan buatan ini. Salah satu yang terbaik adalah Botika.
Botika adalah sebuah
perusahaan yang bergerak di bidang Artificial Intelligence (AI) berfokus pada
teknologi Natural Language Processing (NLP) yang dikembangkan sehingga mengerti
secara keseluruhan terhadap pembicaraan dalam bahasa Indonesia. Botika
mendorong penggunaan bahasa Indonesia dalam dunia teknologi dan internet.
Botika sendiri telah
membantu dan bekerja sama dengan beberapa perusahaan dalam mengembangkan
Chatbot yang kemudian akan digunakan perusahaan terkait dalam kemajuan
bisnisnya. Salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Botika adalah XL
Axiata. Bersama Botika, XL Axiata mengembangkan Chatbot bernama MAYA. Wah keren
bukan ?
Jadi sudah secara jelas
bahwa perkembangan Chatbot di Indonesia sudah sangat besar dan membawa banyak
sekali manfaat. Apalagi dengan dicanangkannya Revolusi Industri 4.0. Tentu
kedepannya, penggunaan Chatbot khususnya berbahasa Indonesia akan semakin
menjamur. Tetapi dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh Chatbot, kita
harus selalu bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai Chatbot digunakan untuk
hal hal yang negative sehingga akan merusak perkembangan usaha atau diri kita
sendiri.
Komentar
Posting Komentar