EDU #1 : Menghadapi Tantangan di Era Digital melalui Pendidikan Anak Usia Dini




Apa yang teman-teman semua pikirkan saat ditanya tentang era digital ?. Sebahagian dari kita pasti akan menjawab era digital adalah masa atau kondisi dimana teknologi dan informasi memegang peranan sangat penting dalam mengatur kehidupan saat ini. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa era digital telah menjadi sesuatu yang sangat dekat dengan kita.

Era digital yang lebih luas disebut globalisasi telah membawa banyak dampak dalam susunan berkehidupan sehari hari. Semua hal yang ada di era digital ini terlihat lebih mudah untuk diakses atau dipergunakan. Intinya ada sebuah perubahan dan kemudahan yang ditawarkan oleh era digital pada kehidupan kita.

Contohnya saja, dahulu untuk membeli sesuatu barang kita harus pergi ke tokonya, entah itu menggunakan transportasi atau sekedar berjalan kaki. Tapi pada era saat ini, kita telah dimudahkan dengan adanya berbagai macam online shop yang bisa kita akses setiap saat. Hanya dengan menggunakan handphone sambil duduk, kita sudah dapat membeli barang yang kita perlukan.

Teman teman semua juga pasti pernah merasakan perubahan dan kemudahan yang didapatkan saat berada di era digital saat ini. Begitupun saya. Masih teringat jelas betapa susahnya saya dalam mencari informasi untuk mengerjakan tugas pada zaman SMP dahulu. Saya harus membeli buku atau harus berebut meminjam buku bersama teman-teman. Sangat jauh berbeda dengan era sekarang dimana informasi bisa diakses dengan sangat mudah dan lebih detail dan variatif.

Berbicara tentang sejarah era digital, era ini mulai sangat dirasakan di Indonesia sekitar tahun 2010 yang ditandai dengan beberapa ciri-ciri yang pasti teman-teman sangat rasakan atau bahkan sering kita gunakan dalam menjalani kehidupan hingga saat ini

1.      Jaringan Internet
Adanya jaringan internet menjadi salah satu ciri dari era digital yang sangat terasa. Dengan adanya jaringan internet kita dapat dengan sangat mudah dalam menemukan sesuatu yang kita butuhkan.
2.      Kemudahan
Era digital menawarkan berbagai macam kemudahan, baik itu dalam memenuhi kebutuhan sehari hari atau hal hal lainnya.
3.      Teknologi Informasi
Teknologi dan informasi juga menjadi identitas dari era digital. Dapat kita rasakan betapa banyaknya inovasi teknologi dan informasi yang terjadi saat ini.
4.      Kemajuan
Era digital adalah sebuah era yang membawa kemajuan dalam segala bidang dan skala. Apa yang dahulu kita anggap tidak akan mungkin ada, ternyata sekarang hal tersebut ada dan mungkin kita gunakan saat ini.
5.      Perubahan Gaya Hidup
Tanpa disadari, dengan adanya era digital, telah merubah dan menggeser gaya hidup kita. Lebih jauh juga dapat merubah budaya dan kebiasaan kita.
6.      Perangkat Elektronik
Perangkat elektronik adalah sesuatu yang menjadi identitas kuat pada era digital. Berbagai macam perangkat elektronik telah digunakan dalam kehidupan sehari hari. Contohnya saja saat membaca blog ini. Teman-teman semua pasti menggunakan yang namanya perangkat elektronik, baik itu handphone, laptop, tablet dll.

Sebagaimana telah kita bahas sebelumnya bahwa era digital telah membawa banyak sekali kemajuan dan kemudahan dalam kehidupan kita. Ada beberapa keuntungan yang kita rasakan pada era digital ini :

1.      Penyebaran Informasi yang Luas dan Cepat
Pada era digital saat ini, informasi dapat dengan mudah dan cepat disebarluaskan. Begitu banyak media yang dapat dimanfaatkan dalam penyebaran informasi. Berbeda dengan zaman dahulu, dimana media cetak saja yang dapat menjadi pusat mendapatkan informasi
2.      Memperluas Jaringan Pertemanan
Dengan adanya sosial media, kita dapat dengan mudah menjalin pertemanan dengan orang yang bahkan belum kita kenal. Selain itu kita dapat berteman dengan siapapun, baik itu dengan orang dari berbagai macam negara, usia dll. Sungguh jauh berbeda dengan zaman dahulu dimana kita hanya bisa berteman melalui orang-orang yang ada di lingkungan sekitar kita.
3.      Kemudahan dalam Berkomunikasi
Dengan adanya perangkat elektronik dan social media, kita secara mudah dapat berkomunikasi dengan siapapun dan kapanpun. Hanya memanfaatkan jaringan dan internet, kita sudah dapat berkomunikasi dengan kerabat, sahabat, atau teman yang jauh disana. Berbeda dengan zaman dahulu, dimana jika kita ingin berkomunikasi dengan kerabat yang jauh, kita harus saling berkirim surat, mengantri di wartel dll.
4.      Mobile dan Fleksibel
Di era digital ini, segala sesuatu bisa didapatkan dengan sangat mudah sehingga membuat kita sangat nyaman tanpa perlu menghabiskan waktu dalam mendapatkan kebutuhan.
5.      Kemudahan dalam Menggunakan Jasa dan Produk
Telah sama sama kita rasakan, bahwa pada era digital ini, dengan adanya internet, kita bisa mengakses aplikasi yang menawarkan jasa dan produk dengan sangat mudah. Contohnya adalah tiket hotel. Dahulu kita harus melakukan pembayaran dan pemesanan hotel di tempatnya. Sekarang dengan adanya aplikasi tertentu, kita bisa melakukan pemesanan hotel dan pembayaran jauh hari sebelum kita menginap tanpa harus dating ke tempatnya.
6.      Menghasilkan Pendapatan
Era digital telah membuka lowongan pekerjaan yang sangat banyak yang otomatis akan menghasilkan pendapatan bagi orang-orang yang memanfaatkannya. Seperti yang kita lihat saat ini, banyak orang yang menghasilkan pendapatan melalui vlogging, blogging dll.

Namun, dibalik segala keuntungan yang ditawarkan era digital, bukan berarti tidak adanya tantangan dan dampak negatif yang dapat terjadi diantaranya :

1.      Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime)
Dikarenakan internet dan social media dapat diakses oleh semua orang, maka potensi terjadinya kejahatan dan penipuan juga semakin tinggi.
2.      Melemahkan dan Menurunkan Sensitifitas
Dengan adanya social media dll, kita cenderung lebih sibuk dengan hal-hal tersebut sehingga kadangkala tidak mempedulikan sesuatu yang ada disekitar kita.
3.      Menimbulkan Ketergantungan
Dengan begitu banyaknya fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan, kita cenderung menjadi malas dalam berkegiatan sehingga menimbulkan ketergantugan misalnya terhadap gadget, tablet, dll
4.      Menimbulkan cidera dan sakit
Dengan terlalu sering menggunakan perangkat elektronik, dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan organ lainnya dikarenakan radiasi yang kuat dari gadget, tablet, dll apabila digunakan terlalu berlebihan.
5.      Meningkatkan Budaya Konsumtif
Dengan akses yang mudah dalam membeli sesuatu, kita kadangkala menjadi lebih konsumtif dalam membeli barang. Bahkan kita cenderung hanya membeli sesuatu barang hanya karena alasan-alasan klise tertentu. Bukan merupakan sesuatu yang kita benar-benar butuhkan
6.      Mempengaruhi kondisi psikologis
Dengan adanya social media dan hal lainnya, kita cenderung lebih mudah menilai orang dan lebih mudah menilai diri kita sendiri. Kita cenderung lebih gampang sedih, kesal, marah dll.

Dalam upaya mengoptimalkan manfaat di era digital ini, pastinya kita semua berkeinginan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan. Dalam menghadapi tantangan di era digital ini, ada beberapa langkah yang dapat kita ambil, baik itu dari sesuatu yang kecil hingga besar. Salah satu langkah yang dapat dilakukan dalam menghadapi tantangan era digital adalah melalui pendidikan sedari kecil atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Pendidikan adalah sesuatu hal yang bersifat sangat mendasar tetapi membawa dampak yang sangat besar dalam mengatur pola kehidupan sehari-hari kita. Mengoptimalkan pendidikan sebagai langkah dalam menghadapi tantangan di era digital bukanlah tanpa alasan.

Ada beberapa hal positif yang didapatkan melalui pendidikan diantaranya :

1.      Membangun dan Mengarahkan Karakter
Pendidikan dapat membentuk karakter positif pada kita. Pendidikan mendorong kita berpikir dan menyerap banyak hal dan pengalaman
2.      Meningkatkan Pola Pikir ke Arah yang Lebih Baik
Pendidikan menciptakan pola pikir yang baik pada kita dikarenakan banyak ilmu yang kita dapatkan yang mendorong diri kita untuk menerima hal hal positif dan meningkatkan jiwa kritis pada diri kita
3.      Membantu dalam Pengontrolan Emosi
Dengan adanya pendidikan, kita menjadi orang yang lebih berkualitas sekaligus lebih bijak dalam mengendalikan emosi. Emosi lahir dari suatu pemikiran terhadap suatu hal. Dengan pola pikir yang dalam dan kritis, kita akan lebih mudah dalam mengatur emosi kita.
4.      Meningkatkan Kesadaran Diri
Dengan adanya pendidikan, kita akan lebih sadar dengan kondisi dunia saat ini karena pendidikan membuka wawasan kita. Kita lebih termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi
5.      Mendapatkan Ilmu dan Penerapannya
Pastinya melalui pendidikan, kita akan mendapatkan banyak sekali dasar dan ilmu serta cara efektif dalam menerapkannya.

Selain hal tersebut, posisi pendidikan di Indonesia juga memiliki kekuatan yang besar dikarenakan oleh :

1.      Dukungan Penuh dari Pemerintah
Pemerintah Indonesia sangat mendukung pendidikan, salah satunya melalui program wajib belajar 12 tahun. Tentu akan lebih mudah dalam mengakses pendidikan di era saat ini.
2.      Sudah Menjadi Sesuatu yang Universal
Pendidikan telah menjadi sesuatu yang dekat dengan kita. Sekolah sebagai salah satu tempat untuk mengakses pendidikan pun telah menjamur. Hal ini mendorong kemudahan dalam memperoleh pendidikan.
3.      Telah Dirasakan Dampak Positifnya
Pendidikan telah merubah banyak orang. Terbukti dengan kesuksesan beberapa tokoh di Indonesia. Salah satunya adalah B.J Habibie. Beliau berhasil memanfaatkan ilmu dan pendidikan untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa yang dapat kita rasakan hingga saat ini, yaitu pesawat terbang.

Sekarang kenapa pendidikan yang efektif dalam menghadapi tantangan di era digital ini adalah Pendidikan Anak Usia Dini ?

1.      Golden Age
Golden Age adalah suatu usia dimana terjadi pola perkembangan otak dan pikiran yang cepat. Biasanya pada manusia, golden age berkisar antara umur 4-5 tahun. Pada usia ini, terjadi pengoptimalan pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak akan mudah menyerap apa yang ia dapatkan. Dengan memberikan pendidikan yang baik pada usia ini, akan membawa dampak positif kedepannya pada anak. Membekali dengan hal-hal positif disaat mereka sangat mudah menyerapnya tentu akan meningkatkan kualitas diri anak dan meningkatkan pemahaman mereka.
2.      Lebih Mudah Diarahkan
Pada usia anak-anak, kita cenderung lebih mudah diarahkan dikarenakan kita bbelum memiliki sesuatu yang kita tuju, begitupun prinsip-prinsip yang kita pegang. Mengarahkan anak untuk menjalani pendidikan di usia ini tentu akan lebih mudah.
3.      Belum Mengetahui Banyak Hal
Anak-anak belum mengetahui banyak hal. Ini berarti semuanya baru bagi mereka. Anak sangat suka dengan sesuatu yang baru. Dengan mulai memberikan pendidikan, maka anak akan lebih tertarik dan menikmati proses perkembangan mereka.
4.      Daya Ingin Tahu yang Tinggi
Anak-anak memiliki daya keingintahuan yang tinggi. Dengan memberikan pendidikan, maka diharapkan anak akan lebih banyak menyerap sesuatu yang positif yang otomatis akan menuntun mereka dalam bertindak. Apalagi pada era digital ini, begitu banyak gangguan yang menyebabkan anak menggunakan keingintahuan mereka untuk sesuatu yang negatif seperti keingintahuan dalam mengotak-atik gadget, tablet, dll.

Pendidikan Anak Usia Dini membawa dampak positif diantaranya :

1.      Memperkecil Peluang Ketergantungan
Dengan anak mengikuti PAUD, maka jiwa ketergantungan pada anak dapat dikurangi apalagi ketergantungan terhadap gadget dan perangkat elektronik lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak saat ini telah banyak yang mengenal gadget, tablet, dll. Dengan jiwa keingintahuan mereka yang besar dan cenderung nyaman dengan sesuatu yang menyenangkan, bukan tidak mungkin anak akan ketergantungan terhadap gadget dll yang otomatis dapat membawa banyak efek negatif dalam perkembangan anak. Dengan mengikuti PAUD, maka anak-anak dapat dilatih pola pikir dan motorik mereka. Selain itu, anak didorong untuk lebih berkeinginan menciptakan atau membuat sesuatu seperti anyaman dll yang melatih kreatifitas mereka.
2.      Meningkatkan Pertemanan dan Jiwa Sosial Anak
PAUD adalah tempat yang tepat bagi anak-anak untuk meningkatkan jiwa social dan pertemanan mereka. Di tempat PAUD, mereka dapat bermain dan belajar bersama dengan teman-teman mereka. Hal ini akan membawa banyak sekali dampak positif pada kehidupan anak nantinya. Ini jauh lebih positif dibandingkan hanya membiarkan anak di rumah dengan meminjamkan mereka gadget atau hanya sekedar menonton televise.
3.      Meningkatkan Produktivitas Waktu
Pada era digital saat ini, waktu terasa sangat cepat berlalu. Salah satunya dikarenakan karena kita terlalu asyik dan nyaman dalam menggunakan sosial media atau hal lainnya. Pada perkembangan anak, waktu adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengarahkan anak dalam meningkatkan kualitas diri mereka. Salah satunya adalah dengan mengikuti PAUD.

Memilih tempat PAUD untuk anak tentu adalah sesuatu hal yang patut untuk dipertimbangkan. Dari sekian banyaknya tempat PAUD yang ada di Indonesia, Apple Tree Pre-School BSD adalah salah satu yang patut diperhitungkan. Ada beberapa hal luar biasa yang ditawarkan oleh Apple Tree Pre-School BSD diantaranya :

1.      Memiliki Visi Mendorong Kepercayaan Diri dan Kemandirian Setiap Siswa
Ini sangat cocok dengan era saat ini dimana kepercayaan diri dan kemandirian menjadi dua kekuatan yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam meningkatkan kualitas diri. Melatih kepercayaan dan kemandirian sejak dini, menjadikan anak menjadi lebih terbuka dan tidak takut dengan tantangan yang baru.
2.      Meningkatkan Fisik, Intelektual, Sosial, dan Emosional Anak
Banyak tempat PAUD saat ini yang hanya melatih intelektual anak saja. Tetapi Apple Tree Pre-School BSD berupaya dalam meningkatkan 4 aspek penting dalam diri anak yaitu fisik, intelektual, social, dan emosional anak. Dengan hal ini, akan dibentuk anak yang memiliki keseimbangan diri yang baik.
3.      Menggunakan Adopted Singapore Curiculum
Tidak dapat dipungkiri bahwa Negara Singapore adalah salah satu negara dengan tingkat pendidikan yang tinggi di dunia. Mengadopsi kurikulum Negara Singapore adalah sesuatu yang positif dalam upaya lebih meningkatkan standard an kualitas diri anak dalam berbagai aspek.
4.      Menggunakan 2 Bahasa sebagai Media Pengajaran
Saat ini, kemampuan dalam menguasai bahasa adalah salah satu kemampuan yang banyak dicari oleh dunia kerja. Dengan menerapkan 2 bahasa pengajaran sedari PAUD kepada anak, akan memudahkan anak dalam menghadapi dunia pekerjaan nantinya.


Pada akhirnya, era digital memang membawa banyak sekali dampak positif dalam kehidupan kita. Tapi layaknya 2 mata koin, tentu ada hal-hal yang menjadi tantangan bagi kita dalam memanfaatkan segala hal yang ditawarkan era saat ini.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, memang pendidikan adalah sebuah langkah yang tepat. Pendidikan sedari dini melalui PAUD dapat mempersiapkan sumber daya yang nantinya akan lebih bijak dalam menghadapi era digital saat ini dalam upaya membangun bangsa ke arah yang lebih baik.




#appletreebsd #eradigital #pendidikan #PAUD

Komentar

Postingan Populer