Movie #2 : ( HAPPY DEATH DAY VS TRUTH OR DARE )

MOVIE #2 : HAPPY DEATH DAY VS TRUTH OR DARE

Halo teman-teman semua. Di movies #2 ini gue bakal bahas 2 film yang bertemakan horror thriller nih. Kali ini gue bakal bahas film Happy Death Day dan Truth or Dare. Gue mengambil 2 film ini karena gue merasa ada beberapa kesamaan dari film-film ini. Gue akan membahas film ini dengan 

1. Cover

Happy Death Day

Honestly, gue suka dengan cover film ini karena simpel tapi tetap ada unsur kengeriannya. Selain itu covernya juga sangat sesuai dengan ceritanya yang secara sederhana tentang suatu hari ulang tahun yang berdarah. Di cover kita juga lihat bahwa film ini juga digarap oleh orang yang sama dengan Get Out , The Purge dan The Visit. Gue udah nonton Get out dan The Purge . Menurut gue strategi yang bagus untuk meletakkan itu di cover karena akan memunculkan reaksi positif dan rasa penasaran orang hanya dengan melihat covernya.Why ? karena Get out dan The Purge menurut gue adalah salah dua film Thriller tersukses bahkan The Purge pun dibikin seri 2 nya. Judul film pun sangat out of the box yang merupakan pelesetan dari 'Happy Birthday' menjadi 'Happy Death Day' untuk memberikan langsung suasana mengerikan di film ini. Gambar si pembunuh bermuka bayi di pisau pun juga menambah kengerian even bayi itu kan imut ? tapi yang satu ini ngak sama sekali HAHAHA

Selain itu kita juga diberikan semacam 'tagline' yaitu " Get up, Live Your Day, Get Killed, Again". Dari melihat covernya saja intinya gue sudah dapat sedikit gambaran mengenai film ini menceritakan tentang seseorang yang terbunuh di hari ulang tahunnya oleh orang yang bertopeng bayi.

Truth Or Dare


Bagi gue, cover film ini terkesan sedikit dipaksakan ? . Jujur gue kurang suka dengan tanda tanya besar bewarna merah yang menutupi sedikit tubuh pemeran utamanya. Mungkin maksudnya adalah untuk memberikan kesan mencekam di cover ini. Tapi menurut gue itu kurang berasa. Diatasnya juga ditulis dan diproduseri oleh orang yang menggarap film Happy Death Day dan Get Out. Gue suka dengan judul film nya walaupun judul ini pernah dipakai oleh salah satu film pada tahun 2017. Dengan hanya melihat cover gue menebak film ini akan menceritakan tentang permainan Truth or Dare yang berujung maut.

2. Rating, Ide & Alur Cerita

Berbicara tentang rating, gue akan bahas rating dari 2 situs paling terpercaya yaitu IMDB dan Rotten Tomatoes. Seringkali jika kita ingin mendownload or menonton film terlebih dahulu kita suka ngeliat ratingnya. Bisa dibilang rating adalah salah satu parameter penting dalam menilai suatu film. 

IMDB Rating

Happy Death Day mendapatkan rating sebesar 6.5/10 dari 57.331 orang sedangkan Truth Or Dare mendapatkan rating sebesar 4.8/10 dari 10.589 orang. Happy Death Day menerima kritik sebanyak 254 dan Truth or Dare menerima kritik sebanyak 159. 

Rotten Tomatoes Rating

Happy Death Day mendapatkan audien score sebesar 3.6/5 dari 15.227 orang sedangkan Truth or Dare mendapatkan audien score 1.8/5 dari 1.923 orang. 

Ide & Alur Cerita

Happy Death Day secara sederhana menceritakan tentang seorang perempuan yang mengalami kejadian yang berulang-ulang di hari ulang tahunnya. Tapi kejadian tersebut harus diwarnai dengan teror dari seseorang bertopeng yang ingin membunuhnya. Sebenarnya, ide cerita dari film ini bukanlah sesuatu hal yang baru. Cobalah untuk menonton film ini maka secara otomatis kita akan langsung teringat pada beberapa slasher remaja 90an seperti Sream ( 1996 ), Heathers ( 1989 ), Mean Girls ( 2000 ), I Know What You Did Last Summer ( 1997 ), dan Urban Legend ( 1998 ). Hal tersebut juga tampak pada alur ceritanya yang berkonsep time looping. Groundhog Day ( 1993 ), Triangle ( 2009 ), Source Code ( 2011 ), Looper ( 2011 ), dan Edge of Tomorrow ( 2014 ) adalah film-film yang terlebih dahulu menggunakan alur time looping. 

Para kritikus pun memfokuskan kritik pada kesan horror yang diberikan dimana masih dirasa jauh dari sebuah film horror. Kemudian time loop yang lemah serta adanya beberapa plothole. Kurangnya Inovasi pada pengisahan juga menjadi kritik dari beberapa orang. Terlepas dari kekurangannya, Happy Death Day mampu memberikan naskah dan pengembangan cerita yang baik dan tidak membosankan pastinya.

Truth or Dare menceritakan tentang sekelompok remaja yang diajak bermain Truh or Dare oleh orang yang baru mereka kenal. Tanpa disadari, permainan Truth or Dare ini bukanlah permainan seperti biasanya tetapi melainkan permainan yang bisa disebut mencekam yang harus diselesaikan oleh tiap pemainnya secara bergeliran. Ide cerita dari film ini pun bukanlah sesuatu hal yang baru juga karena terdapat beberapa adopsi dari Final Destination ( 2000-2011 ) dan Ouija ( 2014 ). Alurnya pun dirasa lumayan membosankan karena hanya berkutat pada rintangan yang dihadapi oleh tiap pemainnya tanpa pemberian suasana yang lebih mencekam dll.

Film ini bisa dibilang menjadi bulan-bulanan para kritikus karena dianggap sebagai salah satu film yang 'gagal'. Film ini hanya mampu tampil dengan pengisahann yang berkualitas medioker / biasa-biasa saja. Pengembangan cerita yang terlalu dangkal dan begitu berfokus pada permainan Truth or Dare yang menjadi perhatian utama para karakter di film ini tanpa memerhatikan pada pengembangan elemen-elemen cerita lain yang berada di sekitar permainan tersebut.
3. Which one that i prefer ?

Based on seluruh parameter tadi, jika disuruh memilih , gue akan prefer untuk menonton Happy Death Day. Why ? Karena dari cover dan trailer nya saja gue secara pribadi sudah pernasaran bagaimana jalan cerita film ini. Selain itu rating yang didapatkan juga bisa dibilang cukup bagus dan memuaskan. Dan yang terakhir ide cerita dan alur yang digunakan pun semakin membuat film ini mendapat kesan yang baik dari masyarakat.

So, itulah pembahasan gue tentang 2 film ini. Jika kalian disuruh memilih .. Which one that you prefer ? and Why ? . Gue tunggu saran-saran film apa aja yang harus dibahas lagi ya

bye
Selamat Menonton

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer